Rabu, 31 Oktober 2012

Privasi Dalam IT

Kerahasiaan pribadi (Bahasa Inggris: privacy) adalah kemampuan satu atau sekelompok individu untuk mempertahankan kehidupan dan urusan personalnya dari publik, atau untuk mengontrol arus informasi mengenai diri mereka. Privasi dapat dianggap sebagai suatu aspek dari keamana.

Didunia IT, Privacy merupakan sesuatu yang amat penting. Apalagi bagi anda yang suka sekali  berselancar di dunia internet. Perkembangan jejaring sosial diinternet, seperti Facebook, Twitter, Google dan lainnya membuat orang lain dengan mudah dapat mengetahui informasi pribadi Anda. Meskipun berbagai “penghalangi” telah dipasang untuk melindungi data privasi Anda di dunia maya, bisa saja itu jebol

Pelanggaran Privasi
Contoh pelanggaran privasi di Internet:
  • Menerima email penawaran dari orang yang tidak dikenal sebelumnya. 
  • Menerima surat fisik mengenai penawaran berbagai hal atau terkadang undian. 
  • Menerima telepon dari orang yang tidak dikenal sebelumnya mengenai penawaran suatu barang. 
  • Data transaksi pembelian barang digunakan oleh orang lain untuk menawarkan barang tertentu 
  • Pesan berantai dari seseorang yang tidak dikenal
Ancaman Privasi

1.  Pengumpulan data (data collection) 
  • Pengumpulan data yang lebih mudah dan lebih cepat
  • Acuan silang (cross referencing / aggregation)
  • Pengumpulan data tersembunyi (hidden data collection)
2.  Pelacakan penggunaan (usage tracking)
3. Pembagian informasi (information sharing)

Melindungi Privasi 
  1. Sering-seringlah mencari nama Anda sendiri melalui mesin pencari Google. Kedengarannya memang aneh, tapi setidaknya inilah gambaran untuk mengetahui sejauh mana data Anda dapat diketahui khalayak luas dan Anda dapat mengoreksinya jika ada yang keliru.
  2. Mengubah nama.
  3. Mengubah pengaturan privasi atau keamanan.
  4. Buat password sekuat mungkin. 
  5. Untag diri sendiri. Perhatikan setiap orang yang men-tag foto-foto Anda. Segera saja un-tag foto tersebut jika Anda tidak mengenali siapa yang “mengambil” foto tersebut.
  6. Jangan gunakan pertanyaan mengenai tanggal lahir, alamat, nama gadis ibu, karena pertanyaan tersebut hampir selalu digunakan sebaagi pertanyaan keamanan untuk database bank dan kartu kredit. Penggunaan pertanyaan itu juga memberi peluang bagi peretas untuk mencuri identitas dan kemudian mencuri uang Anda.
  7. Jangan tanggapi email yang tak jelas. Apabila ada email dari pengirim yang belum diketahui atau dari negeri antah berantah, tak perlu ditanggapi. Kalau perlu, jangan dibuka karena bisa saja email itu membawa virus.
  8. Selalu log out. Selalu ingat untuk keluar dari akun Anda, khususnya jika menggunakan komputer fasilitas umum.
  9. Wi-FI. Buat password untuk menggunakan wi-fi, jika tidak, mungkin saja ada penyusup yang masuk ke jaringan Anda.
  10. Jangan bergabung dengan situs jejaring sosial. Untuk menghindari segala potensi yang dapat mengakibatkan kebocoran data diri Anda, maka jangan coba-coba masuk atau bergabung dengan situs jejaring sosial manapun.
Kesimpulan
Privasi memberikan kemampuan untuk menjaga informasi pribadi yang bersifat rahasia. Akan tetepi kesadaran  pentingnya privasi data di Internet terkandang masih rendah. Hal ini mengakibatkan privasi yang kita miliki tidak lah aman. Oleh karena itu kita harus melindungi privasi kita. Apalagi khususnya di Indonesia belum adanya hukum di dunia Internet (Cyber Law) mengakibatkan masih banyaknya ketidakpastian akan hukum bagi perlindungan privasi bagi pengguna Internet di Indonesia 

Referensi:


10 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat. Saya jadi tahu bagaimana cara melindungi privasi dari sisi teknologi.
    Kenalkan nama saya Aditya Ramadhan ( 1722500074 ) dari Atma Luhur.
    Jangan lupa juga kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  2. privasi data pribadi memang marak diperbincangkan, terimkasih kak tips nya dan mudah di praktekkan:)
    perkenalkan saya elvia 1722500156 kak dari STMIK ATMA LUHUR
    jangan lupa kunjugi juga website kami kak di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat, pengetahuan saya makin bertambah..
    perkenalkan saya Nova Oseva (1722500124) dari STMIK Atma Luhur.
    kunjungi website kami yuk.. di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  4. Terimakasih blog nya min, sangat bermanfaat sekali dan membantu menyelesaikan tugas saya perkenalkan nama saya intan asal kampus STMIK Atmaluhur Pangkalpinang kunjungi juga website kami di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. Waahhh, terimaksih bang atas Postingannya,sungguh bermanfaat sekali. Saya belum tahu nama abang siapa tapi izinkan saya memperkenalkan diri bang nama saya Hafish Mairendra P. NIM 1911520015, saya mahasiswa dari kampus ISB Atmaluhur ini situs kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id mampir juga ya bang

    BalasHapus
  6. TERIMA KASIH atas postingannya kak, ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah komputer dan masyarakat, dengan membaca ini setidaknya saya bisa mendapatkan beberapa materi yang belum saya ketahui atau saya pelajari sebelumnya. oh ya, perkenalkan nama saya TERESA VELMA (1911510013) mahasiswa ISB Atmaluhur Pangkalpinang, jangan lupa berkunjung di website kampus kami ya kak :) https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  7. TERIMA KASIH atas postingannya kak, ini sangat membantu saya dalam menyelesaikan tugas kuliah komputer dan masyarakat, dengan membaca ini setidaknya saya bisa mendapatkan beberapa materi yang belum saya ketahui atau saya pelajari sebelumnya. oh ya, perkenalkan nama saya TERESA VELMA (1911510013) mahasiswa ISB Atmaluhur Pangkalpinang, jangan lupa berkunjung di website kampus kami ya kak :) https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. terimakasih kak informasinya sangat bermanfaat, pengetahuan saya makin bertambah..
    perkenalkan saya Hendri Saputra (2022520011) dari STMIK Atma Luhur.
    kunjungi website kami yuk.. di https://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  9. Terima kasih Ya kak untuk artikelnya, ini sangat berguna dan bermanfaat, trutama untuk saya pribadi yang sedang kuliah matakuliah komputer dan masyarakat ini sangat menambah pengetahuan saya.
    Oh iya kak perkenalkan saya Ria Resti mahasiswa dari ISB Atma Luhur

    BalasHapus